SELAMAT DATANG

Nikmati semua fasilitas yang ada dan nikmati semua post yg saya rangkum dari berbagai blog (sumber) yang up to date tentunya... Jangan sungkan-sungkan untuk kembali lagi dan ajak rekan-rekan anda... Terimakasih..

04 Mei 2010

Gajah Purba Punya Darah Antibeku

Gajah purba atau mammoth memiliki ternyata memiliki darah yang antibeku. Hal ini mampu menjamin tubuh mereka tetap mendapat oksigen pada suhu beku.

Hal ini diungkapkan jurnal Nature Genetics. Jurnal itu, seperti dilansir BBC, Selasa (4/5), melaporkan bahwa tim ilmuwan membangkitakn kembali protein darah gajah berbulu tebal sebelum mengambil kesimpulan tersebut.

Protein yang dikenal sebagai haemoglobin didapati pada sel darah merah. Di sel tersebut, haemoglobin mengikat dan mengakut oksigen. Tim peneliti menemukan mammoth memiliki adaptasi genetis yang memungkinkan haemoglobin merekan melepaskan oksigen ke dalam tubuh pada suhu rendah sekalipun.

Kemampuan haemoglobin melepaskan oksigen ke jaringan tubuh pada umumnya terhambat oleh suhu dingin. Peneliti menyusun urutan gen haemoglobin dari DNA mammoth Siberia, yang berusia puluhan ribu tahun. Mammoth tersebut tersimpan dalam lapisan permafrost.

Sekuens DNA gajah itu diubah menjadi RNA, molekul mirip DNA yang sangat penting dalam produksi protein dan disisipkan ke bakteri E. coli. Bakteri tersebut kemudian menghasilkan protein mammoth.

''Mokelul haemoglobin molecules yang tercipta berbeda dengan 'kembali ke masa lalu' dan mengambil sampel darah dari gajah sejati,'' kata salah seorang penulis laporan riset, Kevin Campbell, dari University of Manitoba, Kanada.

Para ilmuwan kemudian menguji proten mammoth yang dihidupkan kembali. Hasilnya, ditemukan tiga perubahan yang jelas pada sekuens haemoglobin yang memungkinkan gajah purba mengirim oksigen ke sel-sel pada suhu rendah sekalipun. Haemoglobin pada gajah yang hidup dewasa ini tidak bisa melakukan proses semacam ini.

"Sangat mencengahkan bisa menghidupkan kembali protein yang kompleks dari spesies yang sudah punah dan menemukan perubahan-perubahan penting yang tidak ditemukan pada spesies yang masih hidup mana pun,'' jelas seorang penulis lain laporan riset tersebut, Alan Cooper, yang juga Direktur Australian Centre for Ancient DNA pada University of Adelaide.

http://www.nonblok.com/blokstyle/tekno/20100504/14992/gajah.purba.punya.darah.antibeku

0 komentar:

Posting Komentar